Tuesday 3 April 2012

Manfaat Terong


manfaat-terong Manfaat terong yang luar biasa akan kita bahas dalam artikel kali ini. Terong (Solanum melongena) merupakan tanaman yang berasal dari Sri Lanka dan India dari golongan famili Solanaceae dan genus Solanum.
Salah satu dari manfaat terong adalah sering digunakan untuk sayur dalam masakan. Tanaman ini memiliki tunggi sekitar 40-150 cm, batang berduri, warna bunga putih sampai ungu, serta memiliki benang sari berwarna kuning.

Buah terong memiliki banyak biji kecil. Biji terong ini dapat kita makan namun memiliki rasa yang pahit. Tanaman terong masih berkerabat dekat dengan temabakau. Buah terong memiliki ukuran yang berbeda-beda serta warna yang beragam.

Manfaat Terong untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat terong yang terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat terong tersebut adalah sebagai berikut:
Menghambat kerusakan pembuluh darah
Manfaat terong ini dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk menekan dan mengatasi arterosklerosis atau bisa juga disebut sebagai buah penetral kerusakan pembuluh arteri.
Dengan adanya kemampuan ini, buah terong dapat mengatasi timbunan lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri.
Mengatasi epilepsi
Terong memiliki kandungan skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.
Mengobati sakit pinggang
Manfaat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, encok, dll.
Mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi
Buah terong merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.
Buah terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Di Nigeria, masyarakatnya menggunakan terong sebagai kontrasepsi untuk para pria. Mereka meyakini bahwa terong dapat mengatasi gugup. Hal ini terbukti setelah dilakukan penelitian dengan memberikan makanan terong ke hewan marmut.

1 comment:

komment disini ya..