Sunday 28 July 2013

Tanaman Predator


Sundews (Drosera)tanaman ini terdiri lebih dari 170 spesies. tanaman karnivora ini yang paling luas daerah penyebarannya. ditemukan di seluruh dunia, di semua benua (kecuali Antartika) dan bahkan di Selandia Baru.





Butterworts (Pinguicula)Butterworts (Pinguicula)
menyebar di tempat-tempat basah di Amerika, Eropa dan utara Asia. tanaman ini menggunakan kelenjar daun yang lengket untuk memikat, menjebak, dan mencerna serangga.







Bladderworts (Utricularia & Polypompholyx)Bladderworts (Utricularia & Polypompholyx)
tanaman ini mewakili genus terbesar tanaman karnivora (lebih dari 200 jenis), bahkan lebih luas daripada Sundews.






Waterweel Plant (Aldrovanda)Waterweel Plant (Aldrovanda)
tanaman ini ditemukan di Eropa, Asia, Afrika dan Australia dan tinggal di dalam air.







The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)
tanaman ini hidup pada lingkungan rawa-rawa di North dan South Carolina (tenggara Amerika Serikat). Tanaman ini menangkap dan mencerna mangsa (terutama serangga dan arakhnida) dengan perangkap yang dibentuk oleh terminal masing-masing bagian dari tanaman daun. memiliki mekanisme perangkap elastis unik yang bisa menutup sekaligus mengunci.


Pitcher Plants (Nepenthes L.)Pitcher Plants (Nepenthes L.)
mungkin, inilah tanaman yang memiliki perangkap paling spektakuler dengan mekanisme yang kompleks, bahkan di antara yang paling canggih secara fungsional. Tanaman ini tumbuh dari Madagaskar dan Asia tenggara hingga ke timur laut Australia.





Mocassin Plant (Cephalotus)Mocassin Plant/ Western Australian Pitcher Plant (Cephalotus)
Daerah penyebarannya berada di barat daya Australia. Tanaman ini memiliki mekanisme penutup mirip Nepenthes, tapi lebih pendek dengan lingkar mulut yang lebih luas.





North American Pitcher Plant (sarracenia)North American Pitcher Plant (Sarracenia)
tanaman ini hidup di rawa-rawa asam di wilayah timur dan selatan Amerika Serikat & Kanada. bagian salurnya berevolusi untuk menjebak serangga yang tertarik pada nektar serta kombinasi warna dan aromanya.






California Pitcher Plant (Darlingtonia)California Pitcher Plant (Darlingtonia)
ditemukan di utara California dan Oregon, menyebar di rawa dan air yang mengalir. Daun berbentuk tabung yang tampak seperti ular kobra dengan daun bercabang.





Portuguese Sundews (Drosophyllaceae lusitanicum)Portuguese Sundews (Drosophyllaceae lusitanicum)
tanaman asli Portugal, Spanyol dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora yang tumbuh di tempat kering atau tanah alkalin. Tanaman ini memiliki aroma yang berbeda, untuk menarik mangsa serangga yang melintas. Serangga akan terperangkap oleh lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar pada daun.


No comments:

Post a Comment

komment disini ya..