Monday 5 March 2012

Manfaat sayur Bayam bagi kesehatan

Buah dan sayur adalah jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin, dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual ditoko-toko  , buah dan sayuran jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya , serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibandingkan suplemen yang memiliki fungsi yang sama.
Sayur kesehatan tokoh kartun pelaut Popeye memang enak jika dijadikan  sayur bening. Selain menghilangkan lesu, sayur bayam yang dibuat menjadi jus bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit anemia sampai gangguan pencernaan. Setelah diketahui mengandung berbagai macam zat gizi, sayur bayam ini lalu dipromosikan sebagai sumber pangan juga.
Kandungan asam folat dan asam oksalat membuat sayur bayam bisa dipakai untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah.  Misalnya sayur bayam menurunkan kadar kolesterol , mencegah sakit gusi , mengobati eksim, penyakit asma, untuk perawatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut. Yang paling terkenal adalah mengobati rasa lesu dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah. Kemampuan sayur bayam sudah teruji .
Lebih dari itu, serat yang cukup tinggi pada sayur bayam lah yang membuat sayuran ini bagus untuk pencernaan kita . dengan demikian , penyakit seperti sembelit, sakit jantung, penyakit stroke, dan persoalan mengenai tekanan darah dan pembuluh darah bisa diatasi.
Namun, disamping bermanfaat, sayur bayam tetap memiliki keterbatasan. Kelemahan sayur bayam terletak pada proses pengolahannya. Kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panci aluminium. Aluminium ini bisa menyebabkan racun karena bereaksi dengan zat besi yang terkandung didalam sayur bayam.
Lebih dari itu, kita juga tidak boleh mengkonsumsi sayur bayam kalau sayur bayam tersebut sudah lewat dari lima jam sejak dimasak. Seperti sayuran lain, sayur bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama diatas api karena hal itu menyebabkan gizi pada sayur bayam banyak terbuang.
Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah mereka yang menderita penyakit asam urat dan rematik. Mereka tidak boleh mengasup sayur bayam jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan penyakit asam urat kambuh. Ini terjadi karena kandungan zat purin dalam sayur bayam sangat tinggi. Putrin inilah yang kemudian diubah menjadi penyakit asam urat dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment

komment disini ya..