Tuesday 20 March 2012

Tumbuhan Terbesar Didunia


Rafflesia arnoldi

Bagian dalam Rafflesia arnoldi

Rafflesia arnoldi termasuk salah satu tanaman terbesar di dunia karena memiliki diameter hingga sekitar 1 meter dan memiliki berat hingga 10 kg. Sebenarnya bunga ini memiliki bau yang menyengat (udah ane buktikan sendiri waktu ke Kebun Raya Bogor, gan. Baunya ) sehingga disebut "bunga bangkai", tapi entah kenapa lalat2 suka. Dan lalat biasanya jadi media pemindahan serbuk sari dari yang jantan ke yang betina.

Titan arum (Amorphophallus titanum)

Ini kalo lagi ketutup

Titan arum kalo di Indonesia disebut kantong semar. Tanaman ini tumbuh di sekitar bagian tengah Sumatra. Tingginya bisa mencapai 3 meter dan diameternya kira2 1 meter.

Palem Talipot (Corypha umbraculifera)

Tingginya bisa sampai 25 meter dan setiap batang pohon bisa memiliki rangkaian bunga yang diameternya bisa mencapai 6-8 meter. Pohon palem ini cuma berbunga sekali seumur hidupnya, pada saat usia 30-80 tahun. Lalu mati setelah berbuah.

Tahina spectabilis

Berbunga hanya sekali seumur hidup dalam jangka rata2 umur hidupnya yg sepanjang 100 tahun, lalu mati. Pohon ini bisa tumbuh sampai 20 meter dan panjang daunnya bisa mencapai 5 meter. Yang tertinggi baru ditemukan oleh para ilmuwan pada tahun 2007 di Madagaskar.

Posidonia oceania

Tanaman ini merupakan salah satu spesies rumput laut yang berbunga dan bisa ditemukan di sekitar pantai Mediterania dan pantai Australia selatan. Sebuah clonal colony (maksudnya satu organisme membelah diri) dari tanaman ini ditemukan di sekitar Pulau Ibiza. Dengan panjang sampai 8 km dan usia 100.000 tahun, koloni ini bisa disebut sebagai koloni clonal terbesar dan tertua di dunia.

Sumber: http://portalentri.blogspot.com/2011/10/tumbuhan-tumbuhan-terbesar-di-dunia.html#ixzz1pgb2Oxb7

No comments:

Post a Comment

komment disini ya..