Sunday 8 April 2012

Tomat - buah dunia yang paling populer.




Buah tomat adalah dunia yang paling populer. Dan ya, seperti brinjal dan labu, botanikal berbicara itu adalah buah, bukan sayuran. Lebih dari 60 juta ton tomat diproduksi per tahun, 16 juta ton lebih dari buah kedua yang paling populer, pisang. Apel adalah jeruk ketiga yang paling populer (36 juta ton), maka (34 juta ton) dan semangka (22 juta ton).

Tomat pertama kali dibudidayakan di 700 Masehi oleh suku Aztec dan Inca. Penjelajah yang kembali dari Meksiko memperkenalkan tomat ke Eropa, di mana ia pertama kali disebutkan pada tahun 1556. Orang Prancis menyebutnya "apel cinta," orang Jerman "apel surga."

Tomat kaya akan vitamin A dan C dan serat, dan bebas kolesterol. Sebuah tomat ukuran rata-rata (148 gram, atau 5 oz) menawarkan hanya 35 kalori

Selain itu, penelitian medis terbaru menunjukkan bahwa konsumsi likopen - hal-hal yang membuat tomat berwarna merah - dapat mencegah kanker. Lycopene adalah bagian dari keluarga pigmen yang disebut karotenoid, yang adalah senyawa alami yang menciptakan warna buah-buahan dan sayuran. Sebagai contoh, beta karoten merupakan pigmen oranye pada wortel. Seperti dengan asam amino esensial, mereka tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Lycopene kita antioksidan paling kuat dalam keluarga dan karotenoid, dengan vitamin C dan E, melindungi kita dari radikal bebas yang menurunkan daya tahan di banyak bagian tubuh.

No comments:

Post a Comment

komment disini ya..